Cara Memulai Bisnis Minuman

Cara Memulai Bisnis Minuman

Cara Memulai Bisnis Minuman – Punya ide bisnis hebat untuk merek minuman baru yang hebat? Baca panduan langkah demi langkah ini yang mencakup semua dasar untuk memulai bisnis minuman.

Cara Memulai Bisnis Minuman

Apa saja peluang bisnis minuman yang ada?

bigbold – Pasar minuman Inggris memiliki banyak pemain mapan, tetapi bukan berarti pasar itu kebal terhadap inovasi dan perubahan, itulah sebabnya ada peluang besar yang bisa didapat jika Anda ingin memulai merek minuman. Faktanya, banyak bisnis baru-baru ini diluncurkan dengan model bisnis yang unik, pendekatan baru, dan beberapa ide gila untuk minuman yang akan mengubah cara kita melihat sektor ini.

Melansir startups, Ambil contoh pengembang minuman perintis Brainwave Drinks Ltd. Didirikan oleh Richard Baister, bernama Young Gun pada tahun 2012 sebagai pencipta merek minuman pembakar kalori SUMO Drinks, Brainwave Drinks memiliki dua penawaran berbeda: Brainwave ; diklaim sebagai minuman pertama di dunia untuk memerangi penurunan kognitif dan ProWater ; merek air berprotein tinggi.

Baca juga : Tips Bisnis Biji-bijian, Kacang-kacangan, dan Minyak Sayur Eropa

Namun, bisnis minuman Anda tidak harus berada di ujung tombak sains untuk menonjol seperti yang ditunjukkan oleh finalis Startups Awards 2016 Pinkster Gin . Pinkster adalah merek gin artisan yang dibuat dengan raspberry Inggris untuk memberikan warna dan rasa merah muda yang unik. Pendiri Pinkster Gin, Will Holt, menjelaskan: “Lebih dari 95% gin tradisional jelas. Milik kami berwarna merah muda karena diproduksi dengan raspberry segar. Pendekatan yang mengganggu dan branding yang unik ini telah membuat kami menonjol di pasar yang sangat kompetitif”.

Atau, seperti dalam kasus Ken Graham, pendiri Soda Folk, mungkin Anda meluncurkan bisnis minuman yang terinspirasi oleh perjalanan. Graham memulai bisnisnya untuk cita rasa rumah: “Jika Anda dapat menemukan “masalah” untuk dipecahkan dalam bisnis, maka Anda mungkin cocok untuk menjadi pengusaha minuman. Dalam kasus saya, saya tidak dapat menemukan root beer gaya Amerika yang baik ketika saya pindah ke London dari AS, masalah yang berhasil saya pecahkan dengan memulai Soda Folk”.

Pasar minuman “sangat kompetitif” memperingatkan pendiri Virtue Energy Water Rahi Daneshmand. Rangkaian minuman “energi positif” miliknya tidak mengandung gula, kalori, dan pemanis dan hanya menggunakan sumber energi alami dari yerba mate, guarana, dan ginseng.

Daneshmand menambahkan bahwa meskipun “akan melibatkan banyak ketekunan dan tekad untuk menerobos” ke dalam sektor minuman, “bisnis minuman cocok untuk siapa saja yang bersemangat untuk menciptakan minuman baru dan meningkatkan gaya hidup konsumen melalui pengembangan merek mereka”. Jika ini terdengar seperti Anda, baca terus untuk mengetahui cara membuat rencana bisnis yang sempurna untuk merek minuman Anda…

1. Apa yang harus Anda sertakan dalam rencana bisnis minuman?

Seperti halnya bisnis apa pun, meluangkan waktu untuk membuat rencana bisnis menyeluruh yang merinci segala sesuatu mulai dari ambisi Anda hingga keuangan dan strategi pemasaran Anda, akan memberi Anda manfaat yang baik untuk berhasil. Unduh template rencana bisnis gratis Anda di sini .

COO Brainwave Nik Hrstic menawarkan daftar periksa apa yang harus disertakan dalam rencana bisnis Anda:

– Mulailah dengan “visi untuk bisnis”- “[Rencana bisnis Anda harus menjadi] dokumen hidup dan relevan yang digunakan manajemen untuk mengukur diri mereka sendiri – dan [harus] diperbarui untuk mempertimbangkan kinerja aktual dan kondisi pasar”

– Anda juga harus menyertakan profil tim manajemen Anda, dengan “kredensial dan sejarah mereka di sektor ini dan empati mereka dengan produk yang dijual”

– Jika Anda berniat untuk mengembangkan bisnis Anda dengan sukses maka pendanaan sangat penting; rencana bisnis yang realistis adalah alat yang baik untuk menarik investor. Hrstic mengatakan itu tidak cukup untuk memasukkan pendapatan penjualan, margin, laba rugi dan neraca Anda setidaknya selama tiga sampai lima tahun. Sebaliknya, hal yang paling penting untuk dijelaskan adalah “bagaimana angka-angka ini akan dicapai secara rinci – karena pemberi pinjaman bank atau investor individu akan meminta pertanggungjawaban manajemen”.

Hrstic menyarankan agar Anda juga menyertakan: “Jalur produk, penjualan & pemasaran, operasi, dan segala sesuatu yang terjadi dalam siklus antara pemesanan pelanggan dan bisnis mengumpulkan uang tunai”, serta “ke mana uang tunai pergi” dan sumber daya yang dibutuhkan dalam bisnis seperti sebagai individu dengan keterampilan yang sesuai yang dibutuhkan untuk membuat rencana bisnis dapat dicapai. Ini bisa berupa apa saja mulai dari akuntansi hingga profesional hukum dan segala sesuatu di antaranya.

Graham Soda Folk mengatakan sejumlah bisnis minuman yang sukses telah mempublikasikan rencana bisnis mereka secara online, yang dapat Anda akses dan gunakan untuk memandu dan memberi tahu Anda sendiri seperti ini misalnya. Dalam kasus Graham, membaca rencana bisnis yang tersedia mengingatkannya akan hal-hal yang mungkin terlewatkan.

Yang paling signifikan adalah bahwa “pelanggan besar seperti toko kelontong dan distributor besar mungkin memiliki biaya pendaftaran dan promosi wajib yang dapat mencapai ribuan pound. Jika Anda berharap untuk mendapatkan pelanggan seperti itu, Anda sebaiknya memperhitungkan pengeluaran tersebut sebelumnya”.

Daneshmand dari Virtue Energy Water memberikan ikhtisar singkat tentang seperti apa seharusnya rencana bisnis minuman, dengan mengatakan bahwa itu harus mencakup: “keunikan minuman Anda, penawaran pasar saat ini, rencana Anda untuk memasarkan minuman Anda, strategi penjualan Anda, dan tim yang akan Anda pilih. mempekerjakan”.

Saran Holt adalah untuk memasukkan “wastafel dapur” dan dia mengatakan bahwa, untuk Pinkster Gin, sangat penting untuk merinci strategi ekspor perusahaan karena 70% dari gin Inggris diekspor. Merek Holt yang berusia tiga tahun sudah mengekspor ke Australia, Amerika Serikat dan Irlandia dan baru-baru ini mengumpulkan dana urun dana £1 juta untuk berekspansi ke Jerman.

Meskipun Anda pasti akan menemukan beberapa informasi yang berguna dengan meneliti rencana bisnis lain dan termasuk hal-hal penting di atas, rencana bisnis adalah dokumen yang unik untuk setiap perusahaan – setiap jalan menuju sukses akan berbeda dan tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua strategi.

Rancang pernyataan misi yang jelas dan menarik untuk bisnis minuman Anda yang dapat Anda dan tim Anda dukung dan kerjakan dan Anda tidak akan salah besar. Jadi, Anda telah menulis rencana bisnis yang sangat mudah untuk merek minuman baru Anda yang menarik dan Anda siap untuk mulai menyeduh, mencampur, dan menguji minuman Anda yang luar biasa. Tapi tunggu – ada rintangan lain yang harus dihadapi: birokrasi…

2. Aturan dan peraturan untuk memulai bisnis minuman

Jika Anda memilih untuk memulai bisnis minuman beralkohol maka Anda akan tunduk pada lebih banyak aturan dan peraturan daripada jika Anda memulai merek minuman non-alkohol seperti yang dapat dibuktikan oleh Holt: “Mengingat kita berurusan dengan alkohol di sana semua jenis komplikasi cukai dan kami menghabiskan banyak waktu berurusan dengan HMRC, jadi menemukan penasihat pajak yang kompeten sangat penting. Juga, tidak ada kekurangan masalah kesehatan dan keselamatan yang harus dihadapi.”

Namun, bahkan minuman di sektor kesehatan tidak kebal terhadap beban undang-undang – terutama ketika merek diperdagangkan pada properti yang memberikan kesehatan. Brainwave Drinks’ Baister menjelaskan: “Banyak minuman sehat ingin mengklaim fungsinya.

“Dalam hal ini, sangat penting untuk mengetahui undang-undang tentang klaim mana yang dapat dan tidak dapat dibuat dan bagaimana klaim tersebut harus diungkapkan, baik pada kemasan maupun materi pemasaran lainnya.”

Graham Soda Folk menggemakan komentar Baister dan mengatakan penting untuk diingat untuk mematuhi aturan yang ditetapkan oleh Badan Standar Makanan “yang memiliki banyak pedoman tentang pelabelan, keamanan bahan, dan klaim kesehatan”.

Menurut Daneshmand dari Virtue Energy Water, memulai bisnis minuman tidak akan membuat Anda terkena lebih banyak aturan dan peraturan daripada “sebagian besar bisnis”. Namun, ini adalah pembuatan dan penjualan produk Anda di mana Anda akan menemukan “sejumlah aturan dan peraturan” termasuk “memastikan situs manufaktur Anda memiliki semua undang-undang kesehatan & keselamatan yang benar dan memastikan minuman Anda aman untuk konsumsi manusia”.

Setelah Anda menyelesaikan undang-undang, inilah saatnya untuk mulai memikirkan biaya untuk memulai merek minuman Anda sendiri. Baca terus untuk mengetahui cara mengatur anggaran dengan bijak…

3. Berapa biaya untuk memulai bisnis minuman?

Setelah Anda membuat rencana bisnis, Anda harus memiliki gambaran relatif tentang berapa biaya awal Anda – meskipun biaya akan sangat bervariasi untuk bisnis yang berbeda. Saat menetapkan biaya awal, Anda dapat berhemat dan memastikan untuk menganggarkan untuk keadaan yang tidak terduga.

Untuk menghindari biaya yang melonjak dan pengeluaran yang tidak perlu di awal, lakukan secara perlahan. Soda Folk’s Graham menegaskan bahwa mungkin untuk memulai dengan “modal yang sangat kecil” dan Anda dapat memulainya dari rumah. Setelah bereksperimen dengan resep dan ide di dapur Anda yang aman, manfaatkan “teman, rekan kerja, dan jiwa petualang yang menurut Anda akan memberi Anda umpan balik yang jujur”.

Setelah Anda melihat-lihat dan mendapatkan “ulasan hangat”, Graham mengatakan bahwa inilah saatnya untuk menguji produk pada audiens yang lebih luas dengan “mendirikan kios di festival makanan atau pasar petani dan menjual minuman Anda langsung ke publik”. Anda juga dapat mulai menargetkan toko dan restoran lokal “yang fakturnya dapat membantu Anda membiayai batch komersial pertama Anda”.

“Pada tahap ini, Anda mungkin belum menghabiskan lebih dari beberapa ratus pound untuk bahan dan botol”, saran Graham, “dan Anda sudah berada di jalan menuju kesuksesan”. Apa pun yang Anda lakukan, Graham menyimpulkan: jangan menghabiskan banyak uang untuk pengalengan atau pembotolan dalam jumlah besar sebelum Anda memiliki beberapa pelanggan berukuran besar yang telah berkomitmen untuk membeli produk Anda!”

Seperti yang ditunjukkan oleh Daneshmand Virtue Energy Water, biaya awal Anda sebagian besar akan “bervariasi pada rencana Anda” – yang akan secara hati-hati diletakkan dalam rencana bisnis Anda – dan “seberapa cepat Anda berniat untuk mengambil momentum dan ambisi bisnis Anda secara keseluruhan” .

Berbeda dengan Graham, Daneshmand menyarankan bahwa pengeluaran awal sebesar £200,000 “akan cukup” untuk meluncurkan bisnis di sektor minuman, tetapi menunjukkan bahwa “banyak bisnis mengumpulkan lebih dari ini dan beberapa memulai dengan lebih sedikit”.

Daneshmand menambahkan bahwa biaya yang terkait dengan memulai bisnis minuman berbeda dengan memulai bisnis teknologi karena “proses produksi minimum relatif tinggi untuk sebagian besar format pengemasan, sehingga sulit untuk menguji dengan metodologi start-up yang ramping”. Namun, dengan nada yang lebih cerah, dia mengatakan bahwa “saat ini ada lebih banyak pilihan di bidang manufaktur di mana Anda dapat melakukan proses yang lebih kecil untuk menguji konsep Anda sebelum melakukan produksi skala penuh”.

Berapa pun anggaran yang Anda anggarkan untuk merek minuman Anda, ingatlah untuk hanya membelanjakan hal-hal penting di awal dan mengelola arus kas Anda dengan hati-hati agar berhasil mengelola pertumbuhan Anda. Jadi, Anda telah menguji produk Anda dan menurut Anda produk tersebut memiliki potensi komersial yang besar – tetapi berapa banyak uang yang akan dihasilkan oleh merek minuman Anda?

4. Berapa banyak yang bisa Anda hasilkan dengan menjalankan bisnis minuman Anda sendiri?

Jumlah yang Anda peroleh dari bisnis minuman Anda pada akhirnya akan tergantung pada ambisi, dorongan, dan imajinasi Anda sendiri. Lebih banyak produk dan ide khusus memiliki daya tarik pasar yang lebih kecil, sementara yang lain dapat tumbuh menjadi merek yang diakui secara global.

“Ini membantu jika merek Anda memiliki cerita yang hebat” kata Graham dari Soda Folk: “Pada hari-hari awal Soda Folk, saya berhasil mendapatkan perhatian dari pembeli dan pers karena saya adalah seorang Amerika yang rindu rumah yang memulai sebuah perusahaan untuk memuaskan root beer saya. mengidam. Resep yang lezat, kemasan yang bagus, dan ide produk yang kreatif semuanya penting, tetapi kisah Andalah yang akan benar-benar membantu membedakan Anda” dan mendorong penjualan.

Juga disarankan untuk “membayar diri Anda sesedikit mungkin” pada tahap awal menjalankan bisnis minuman. “Untuk membantu bisnis Anda tumbuh dengan cepat, investasikan kembali keuntungan awal ke perusahaan. Jika Anda mengharapkan untuk membuat mint dalam beberapa tahun, Anda mungkin akan kecewa” lanjut Graham.

Untuk menyebarkan berita tentang merek Anda dan membuat beberapa penjualan awal, “pergi ke tempat yang menurut Anda mungkin pelanggan Anda dan beri mereka kesempatan untuk mencicipi produk Anda”. Ini bisa menjadi acara yang lebih formal seperti menuangkan sampel untuk pembeli stokis atau membagikan botol ke teman Anda di pesta rumah.

Dengan melakukan ini, Graham menjelaskan, “memberi Anda kesempatan untuk mengenal pelanggan Anda secara pribadi, membagikan kisah Anda, dan membangun hubungan yang nyata. Jika Anda menemukan pengikut kecil yang setia, mereka akan membantu Anda mengembangkan basis pelanggan Anda melalui media sosial dan dari mulut ke mulut, dan tak lama kemudian, Anda akan memiliki banyak penggemar yang bersemangat”.

Holt Pinkster setuju. Holt merekomendasikan bahwa jika Anda ingin membangun basis pelanggan Anda dan meningkatkan pendapatan, “ambil pendekatan pemasaran yang hemat biaya, terlihat di media sosial, jalin kemitraan merek, dan jadilah yang terdepan”. Dia menambahkan bahwa ini “tidak selalu sesederhana kedengarannya …”.

Menurut pendapat pendiri Virtue Energy Water Daneshmand, setiap pengembalian “akan tergantung pada situasi keuangan Anda dan apakah Anda membutuhkan, atau ingin membayar sendiri, upah yang signifikan”. Dia berbagi pandangan Graham tentang menginvestasikan kembali alih-alih mengambil gaji: “Jika Anda berfokus pada pertumbuhan dan momentum, Anda tidak akan dapat membayar diri Anda sendiri dengan gaji yang menarik kecuali Anda mencapai tingkat pendapatan yang signifikan”.

Kami akan membiarkan Pinkster’s Holt memiliki kata terakhir tentang potensi penghasilan dari mendirikan bisnis minuman: “Lakukan dengan benar dan dunia adalah tiram Anda. Lihatlah kesuksesan tim yang fenomenal di Fever Tree dengan rangkaian tonik dan mixer premium mereka. Sebuah kisah sukses modern yang memiliki arti penting”.