Keefektivitasan Offline Marketing untuk Bisnis

Keefektivitasan Offline Marketing untuk Bisnis

Keefektivitasan Offline Marketing untuk Bisnis – Majunya teknologi yang berkembang saat ini, membuat semua orang menjadi mudah untuk melakukan segala hal. Dalam bidang marketing, masyarakat juga dapat melakukan pemasaran baik secara online maupun offline. Strategi pemasaran online merupakan salah satu cara untuk melakukan pemasaran produk atau jasa melalui internet. Sementara itu strategi pemasaran offline merupakan strategi pemasaran produk atau jasa yang dilakukan tidak menggunakan internet melainkan bisa menggunakan radio, televisi, poster, dan sebagainya. Banyak sekali strategi pemasaran yang digunakan secara online, namun hal tersebut tidak menghilangkan keefektivitasan strategi pemasaran offline lho! Offline marketing tetap bisa digunakan sebagai alat pemasaran produk atau jasa. Walaupun saat ini era nya adalah intenet, namun jika pemasaran offline dilakukan dengan optimal juga akan memberikan dampak yang optimal juga bagi pejualan produk atau jasa.

Dengan strategi pemasaran online, belum tentu semua orang dapat melihat iklan tersebut. Misalnya saja pada orang tua yang tidak memiliki smartphone atau tidak dapat mengakses internet, maka dengan televisi atau radio orang bisa mengenal promosi – promosi yang di berikan. Selain itu Indonesia merupakan negara yang sangat luas dan memiliki banyak sekali pulau – pulau. Dengan begitu penyebaran keejahteraan di Indonesia pun masih tergolong kurang. Masih banyak rakyat Indonesia yang tinggal di pulau – pulau terpencil. Bisa saja di pulau tersebut internet sangat susah atau bahkan belum ada. Dengan begitu strategi pemasaran melalui televisi, radio, atau reklame menjadi hal yang penting untuk menjangkau masyarakat di pulau terpencil. Sehingga walaupun saat ini online marketing sedang populer, namun offline marketing juga bukan sesuatu yang merugikan atau bahkan tidak berguna. Offline marketing masih sangat berguna untuk meningkatkan penjualan suatu bisnis.

Dengan menggunakan strategi offline marketing cakupan yang dapat dilakukan untuk menyebarkan iklan atau promosi tidak terlalu luas, sehingga pesaing yang ada tidak terlalu banyak. Dengan begitu perusahaan tidak akan memiliki pesaing tingkat global yang akan menyaingi bisnis yang sedang dijalankan. Strategi pemasaran offline juga memiliki keuntungan yaitu bisa mendapatkan kepercayaan yang lebih dari masyarakat. Sebuah bisnis online tentu tidak bisa dilihat wujudnya oleh masyarakat. Namun dengan offline fisik produk bisa dilihat secara langsung. Dengan begitu akan ada kecenderungan bagi para konsumen untuk mempercayai bisnis offline. Saat ini strategi pemasaran offline masih diterapkan oleh beberapa perusahaan. Marketing offline masih sangat efektik untuk melakukan pemasaran banag maupun jasa dari perusahaan. Selain itu marketing offline dapat menjangkau masyarakat yang berada di daerah pelosok yang mungkin belum emmiliki internet. Dengan begitu diharapkan produk atau jasa yang ditawarkan dapat diterima oleh masyarakat. Selain itu kemajuan dan peningkatan dari penjualan produk juga diharapkan dapat meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *