Memulai Bisnis Toko Elektronik – Rencana Bisnis yang Menguntungkan

Memulai Bisnis Toko Elektronik – Rencana Bisnis yang Menguntungkan

Memulai Bisnis Toko Elektronik – Rencana Bisnis yang Menguntungkan – Bisnis elektronik menjadi booming di dunia bisnis karena alasan permintaan dan nilainya yang meningkat. Selain itu, berbagai merek menciptakan kebutuhan untuk pembangunan pusat bisnis yang dapat menjamin ketersediaan semua merek di bawah satu atap.

Memulai Bisnis Toko Elektronik – Rencana Bisnis yang Menguntungkan

bigbold – Misalnya, merek Apple tidak mungkin memiliki toko di seluruh dunia. Bahkan jika ada satu toko per kota, itu sama sekali tidak dapat diakses oleh semua orang di kota. Ada kebutuhan untuk Anda.

Melansir makeinbusiness, Anda, sebagai tingkat kedua atau ketiga akan bertindak sebagai distributor untuk barang-barang elektronik yang dibutuhkan pelanggan Anda. Diamati bahwa Anda mendapatkan keuntungan minimal $ 50.000 dalam bisnis elektronik konsumen. Seperti yang Anda semua tahu dinamika dalam bisnis, angka yang ditentukan bukanlah angka standar.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Toko Kelontong di Kota Kecil Tahun 2021

Keuntungan berubah dengan kriteria ukuran bisnis, permintaan, produk yang dijual, mediator dalam penjualan, harga pokok produk, dll. Melihat peluang yang mungkin dapat dilihat di sini dalam bisnis ini, dua ide berikut dapat diambil sebagai ide teratas yang menunjukkan perbedaan yang jelas dari orang lain dalam bisnis yang sama.

– Menjadi penjual premium dengan menjual merek-merek mewah
– Kemitraan dengan perusahaan perusahaan

1. Menjadi penjual Premium

Ada divisi dalam kelompok konsumen yang mengikuti kriteria pilihan dan kemampuan finansial mereka. Dengan begitu, ada sekelompok konsumen yang disebut kelas elite atau golongan masyarakat yang terus menerus mencari merek mewah dalam segala jenis produk. Menargetkan segmen ini sangat menguntungkan sekaligus tidak aman. Ini berarti efek dari permintaan yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan melayani kelompok konsumen campuran. Misalnya, Apple adalah salah satu merek mewah. Benar-benar dapat diterima bahwa ada sejumlah orang yang terus membeli produk dari merek yang sama terlepas dari harga di mana mereka dijual.

Di sisi lain, permintaannya sangat sedikit. Pada skala kasar, 75% orang mencari produk dengan harga rata-rata daripada produk mewah dengan harga tinggi. Di sini, pilihan ada di tangan Anda dan Andalah yang harus mengambil keputusan seperti apa toko yang akan Anda pertahankan. Meskipun permintaan untuk merek mewah tidak sebesar produk lainnya, jumlah yang masuk ke perusahaan dalam hal bisnis sangat besar. Ini dapat dilihat sebagai pendapatan yang cerdas di mana Anda akan merealisasikan hampir 50% dari investasi dengan menjual dua atau tiga produk dari merek tersebut.

2. Kemitraan dengan perusahaan

Di sini peluang ditemukan saat menjalankan bisnis reguler Anda sendiri. Tidak diperlukan perubahan khusus pada struktur bisnis. Yang harus Anda lakukan adalah menemukan perusahaan yang memiliki penggunaan elektronik yang sangat besar.

Perusahaan IT tidak diragukan lagi akan membutuhkan komputer dan perangkat keras terkait lainnya. Anda berada di jalur untuk menyediakan mereka dengan elektronik seperti dan bila diperlukan. Apa yang menjadikannya peluang adalah bahwa ada satu pekerjaan yang menjanjikan bagi Anda dengan perusahaan-perusahaan korporasi ini ketika bisnis Anda sedang down atau memiliki situasi keuangan yang tidak menguntungkan.

3. Rencana bisnis untuk bisnis Elektronik

Ini adalah bagian terpenting dari bisnis apa pun. Rencana bisnis membantu Anda semua dalam menjelaskan bisnis Anda menggunakan pernyataan. Sebuah rencana bisnis yang khas mengikuti format yang diberikan di bawah ini. Rencana bisnis ini tidak hanya berfungsi dalam menjelaskan bisnis, tetapi juga menempatkan semua perencanaan Anda dalam bentuk tertulis atau tercetak. Ini lebih seperti direktur untuk seluruh bisnis. Dengan rencana bisnis ini, Anda dapat mengetahui pendirian bisnis Anda yang belum dimulai.

– Ringkasan bisnis plan
– Produk
– Pengelolaan
– Tujuan
– Misi
– Kunci kesuksesan
– Ringkasan perusahaan
– Kepemilikan Perusahaan
– Ringkasan awal
– Ringkasan analisis pasar
– Segmentasi pasar
– Penjualan komersial
– Strategi segmen pasar sasaran
– Analisis industri
– Kompetisi
– Membeli pola

Subtitel di atas mencakup hampir semua informasi tentang bisnis yang akan Anda mulai. Detail ini juga penting bagi penyandang dana Anda. Hanya dengan informasi yang andal dan memberdayakan yang Anda miliki, penyandang dana Anda akan memulai proses pendanaan.

4. Pendaftaran bisnis

Pendaftaran bisnis adalah dokumen penting yang harus ada di setiap toko ritel. Hal ini untuk menunjukkan keberadaan hukum dari bisnis tersebut dan juga pencantuman nama bisnis Anda dalam daftar bisnis yang bergerak dalam industri yang sama. Jadi, pada dasarnya perlunya pendaftaran adalah untuk mendapatkan pengakuan di industri. Pendaftaran usaha juga berfungsi untuk mempermudah proses perpajakan.

Pemerintah negara Anda akan mengidentifikasi bisnis Anda hanya melalui EIN yang ditunjuk untuk Anda melalui aplikasi. EIN adalah Nomor Identifikasi Pemberi Kerja yang membentuk kode identifikasi untuk bisnis Anda. Aplikasi untuk hal yang sama dilakukan secara online, melalui faks, melalui surat dan juga melalui telepon.

Ada beberapa batasan yang ditetapkan oleh pemerintah agar memenuhi syarat untuk EIN. Dari semua itu, yang paling penting adalah lokasi di mana bisnis Anda berada. EIN berlaku untuk bisnis yang beroperasi di Amerika Serikat atau Wilayah Amerika Serikat mana pun. Selain itu, sebagai pemohon Anda akan dimintai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang masih berlaku.

5. Proses aplikasi (APLIKASI ONLINE)

Ada tiga langkah yang akan membawa Anda ke tahap akhir untuk mendapatkan EIN.

– Pemeriksaan kelayakan
– Aplikasi online
– Penyerahan

Pemeriksaan kelayakan adalah untuk memeriksa dari pihak Anda apakah Anda memiliki semua dokumen yang diperlukan untuk aplikasi tersebut. Langkah ini harus ditanggapi dengan serius, karena menghindari kemungkinan ditolak untuk proses tersebut. Seperti disebutkan sebelumnya, cek tersebut mencakup NPWP, lokasi bisnis dan kondisi lain yang berkaitan dengan kepemilikan dan batasan aplikasi EIN.

Selanjutnya dalam proses aplikasi adalah pandangan yang jelas tentang proses aplikasi online. Sebelum Anda mulai mengisi formulir aplikasi di portal, bersiaplah untuk semua kemungkinan informasi yang akan diminta. Ini karena, aplikasi langsung ditolak ketika Anda kembali atau berhenti di antaranya untuk waktu yang lebih lama. Ini adalah proses aplikasi sesi tunggal di mana melanjutkan kembali ke halaman web tidak mungkin.

Tahap terakhir adalah pengajuan setelah mengisi semua detail di formulir. Setelah Anda mengirimkan, proses verifikasi dimulai. Verifikasi dilakukan dengan NPWP yang Anda berikan dan keuntungan dari aplikasi online adalah Anda segera menyelesaikan pekerjaan. Anda mendapatkan EIN Anda setelah verifikasi dan yang harus Anda lakukan adalah mencetaknya dengan salinan yang diunduh.

6. Lisensi

Karena bisnis Anda termasuk dalam kategori bisnis ritel, Anda harus mendapatkan lisensi negara untuk hal yang sama. Sebelum langsung beralih ke tahap aplikasi, mari kita pahami dengan jelas mengapa kita membutuhkan lisensi. Lisensi bertindak sebagai dokumen hukum atau otorisasi untuk bisnis Anda dan produk yang Anda jual. Ada interpretasi yang salah bahwa semua bisnis memerlukan lisensi. Tetapi Anda pasti tidak memerlukan lisensi dalam kondisi berikut.

– Jika Anda memiliki kurang dari 30 barang elektronik untuk dijual atau dipajang, maka Anda tidak memerlukan lisensi.
– Mengukur dalam kaki linier, jika ruang pajangan toko kurang dari 20% dari total ruang pamer, tidak ada persyaratan untuk lisensi.

7. Persyaratan untuk aplikasi

Untuk mendapatkan lisensi toko elektronik, dokumen atau identitas hukum berikut akan diperlukan.

– Aplikasi lisensi
– Nomor Pokok Wajib Pajak Penjualan

Sekali lagi, ada dua sub divisi lagi di bagian perizinan. Jika Anda berencana untuk menawarkan layanan untuk barang elektronik, maka Anda harus mendapatkan Lisensi Dealer Layanan Elektronik dan Peralatan Rumah Tangga. Menjual barang elektronik bekas akan meminta izin lain yang disebut, Lisensi Umum Dealer Barang Bekas. Lisensi ini berlaku untuk jangka waktu 2 tahun setelah perpanjangan yang sama diperlukan untuk melanjutkan operasi bisnis.

8. Pertanggungan

Asuransi sekarang sedang disediakan dan diperoleh pada tingkat yang cukup besar. Sejumlah perusahaan asuransi yang baru muncul memungkinkan adanya polis asuransi yang menguntungkan baik bagi penanggung maupun tertanggung. Dalam situasi seperti itu, asuransi toko elektronik adalah satu sayap terpisah yang berlaku dalam beberapa jenis. Beberapa asuransi yang ditawarkan untuk toko elektronik adalah,

– Asuransi kewajiban umum toko elektronik
– Asuransi mobil komersial toko elektronik
– Asuransi properti bisnis toko elektronik
– Toko elektronik Asuransi kewajiban siber
– Kompensasi pekerja toko elektronik
– Toko elektronik Asuransi kejahatan

Masing-masing asuransi tersebut berbeda dengan pertanggungan kerugiannya masing-masing. Asuransi dapat diperoleh dari perusahaan asuransi swasta atau dari instansi pemerintah. Evaluasi yang tepat dari polis asuransi terbaik adalah semua yang Anda butuhkan untuk melangkah lebih jauh dalam memperoleh asuransi untuk bisnis Anda.

9. Lokasi toko elektronik

Lokasi toko ritel mana pun harus mempertimbangkan faktor-faktor yang berkaitan dengan perilaku konsumen. Tempat dengan cukup banyak pelanggan dan permintaan hanya bisa menjadi lokasi yang tepat untuk setiap toko ritel. Aksesibilitas memegang peranan penting dalam kelangsungan hidup suatu bisnis.

Menyiapkan persediaan dan tidak menyediakan akses yang tepat untuk menjangkau produk Anda adalah rencana yang gagal total. Oleh karena itu, cobalah untuk menemukan bisnis Anda di mana pelanggan benar-benar dapat menjangkau Anda. Juga, perhatikan lokasi pabrikan atau distributor Anda.

10. Riset pesaing

Ini adalah salah satu area yang membantu Anda tumbuh lebih dari pesaing Anda. Tahap penelitian bukanlah pekerjaan satu kali. Anda akan melakukannya sebelum memulai bisnis untuk menemukan nilai dari produk yang dijual. Ini juga mengungkapkan kekuatan pesaing Anda. Pada tahap selanjutnya, ide penetapan harga dan promosi untuk bisnis Anda pasti akan membutuhkan hasil dari riset pesaing Anda.

Melacak pola bisnis pesaing Anda adalah penting di semua bisnis, tetapi itu dianggap tak terelakkan dalam bisnis yang berjalan dengan elektronik. Tren dan model baru harus dipahami dan disimpan di toko Anda segera setelah mencapai toko pesaing Anda atau jika Anda cukup pintar, sebelum itu.

11. Siapkan ruang kantor

Ruang kantor adalah sesuatu yang menunjukkan kepada publik seberapa bagus bisnis Anda dari pandangan. Umumnya, orang cenderung membeli di toko yang interior dan infrastrukturnya menarik. Faktanya tidak salah. Ada beberapa pengalaman dorongan oleh setiap pelanggan karena infrastruktur toko.

Jadi, rencanakan secara efisien. Di toko elektronik, memajang produk adalah satu-satunya cara untuk mengomunikasikan ketersediaannya. Juga, mengalami fitur nyata hanya mungkin jika Anda memiliki ruang yang memadai. Saya akan merekomendasikan Anda untuk lebih fokus pada ruang kantor daripada perencanaan lainnya.

Masukkan minimal 40% dari investasi Anda untuk membangun ruang kantor yang mengesankan. Layout yang memanfaatkan ruang dengan baik juga harus direncanakan dengan baik berdasarkan produk elektronik yang ada di toko.

Baca juga : Panduan Memulai Bisnis Perbaikan Komputer

12. Mempekerjakan karyawan

Tahap terakhir dari bisnis ini adalah mempekerjakan jumlah karyawan yang tepat. Ini bisa menjadi tugas yang membosankan karena Anda adalah pengusaha pemula. Anda mungkin berpikir untuk mengalihdayakan perencana untuk ini, tetapi rekomendasi saya adalah memutuskannya sendiri. Ini karena, hanya Anda yang tahu permintaan seperti apa yang ada untuk bisnis Anda.

Buang-buang uang untuk memiliki 100 karyawan di sebuah toko di mana pengunjung atau pelanggan bahkan tidak 10%. Tidak hanya permintaan, luas lantai toko Anda adalah faktor lain dalam menentukan jumlah karyawan.

Jadi, semua ini akan memberi Anda gambaran kasar tentang jumlah karyawan yang Anda butuhkan untuk toko. Bagian selanjutnya adalah jenis karyawan. Ini tentu berarti perbedaan posisi dalam bisnis Anda. Beberapa yang vital adalah,

– Manajer lantai
– Perwakilan penjualan
– Manajer stok
– Kasir
– Pengawas
– Kepala promosi

Oleh karena itu, membagi mereka menjadi berbagai departemen adalah semua yang Anda butuhkan untuk satu set karyawan yang sempurna. Departemen seperti pemeliharaan, pemasaran, keuangan, stok, dll akan mengikat bersama untuk memberikan hasil seperti yang direncanakan dan disusun toko.