8 Langkah Untuk Memasarkan Bisnis Anda

8 Langkah Untuk Memasarkan Bisnis Anda

8 Langkah Untuk Memasarkan Bisnis Anda – Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis Anda, jadi penting untuk mengidentifikasi dan fokus pada taktik yang paling efektif.

8 Langkah Untuk Memasarkan Bisnis Anda

1. Lakukan Riset Pasar

bigbold – Riset pasar adalah bagian penting dalam mengembangkan strategi pasar Anda. Ini mengenai mengakulasi informasi yang membagikan pengetahuan mengenai pandangan klien Anda, pola pembelian, dan lokasi.

Dikutip dari smallbusiness, Selain itu, riset pasar juga dapat membantu Anda melakukan perkiraan penjualan awal, memantau tren pasar, dan mengawasi apa yang dilakukan pesaing Anda.

Baca juga : Sebelum Berbisnis, Pahami Dulu 4P Marketing Berikut!

2. Profil Target Pasar Anda

Mencoba untuk mempromosikan produk atau layanan Anda kepada semua orang bisa mahal dan tidak efektif. Pengelompokan atau segmentasi pelanggan potensial Anda berdasarkan karakteristik tertentu akan membantu memfokuskan upaya pemasaran Anda.

Umumnya segmentasi didasarkan pada faktor-faktor seperti:

– geografi – lokasi
– demografi – usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pendapatan, pekerjaan
– perilaku – loyalitas, sikap, kesiapan untuk membeli, tingkat penggunaan
– gaya hidup – kelas sosial, kepribadian, nilai-nilai pribadi.

Target pasar Anda harus memiliki kebutuhan akan produk atau layanan Anda dan bersedia membayar untuk penawaran Anda.

3. Identifikasi Proposisi Penjualan Unik Anda (USP)

USP adalah alasan unik pelanggan Anda membeli dari Anda dan bukan pesaing Anda – itulah yang membuat bisnis Anda menonjol dari yang lain. Penting untuk menentukan apa yang Anda lakukan secara berbeda dan dapat menyampaikannya kepada calon pelanggan. Biasanya, ini mencerminkan pengetahuan atau keterampilan khusus Anda.

USP Anda mungkin memiliki penawaran baru atau unik atau menyediakan layanan luar biasa. Mulailah mengembangkan USP Anda dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

– Apa yang paling Anda sukai dari produk dan layanan Anda?
– Keterampilan atau pengetahuan khusus apa yang Anda miliki?
– Apa yang membuat pelanggan Anda datang kepada Anda alih-alih pesaing Anda?
– Bagaimana pelanggan Anda mendapatkan keuntungan dengan membeli produk atau layanan Anda?
– Aspek mana yang biasanya Anda soroti ketika Anda menggambarkan bisnis Anda kepada orang asing?

4. Kembangkan Merek Bisnis Anda

Setiap bisnis, terlepas dari ukurannya, kemungkinan besar membutuhkan merek. Sebuah merek lebih dari sekedar logo, warna atau tagline. Merek yang diartikulasikan dengan baik secara emosional terhubung dengan pelanggan target Anda dan menyampaikan siapa Anda, apa yang Anda perjuangkan, dan apa yang dapat Anda berikan.

5. Pilih Jalur Pemasaran Anda

Meskipun ada banyak yang tersedia, pertimbangkan audiens target Anda saat Anda menentukan mana yang akan digunakan. Pilihan termasuk situs web bisnis, media sosial, blogging, brosur dan pamflet, acara jejaring, iklan cetak, dari mulut ke mulut, panggilan dingin, dan pengiriman surat.

6. Tetapkan Tujuan dan Anggaran Anda

Sasaran pemasaran akan membantu Anda menentukan apa yang ingin Anda capai melalui aktivitas pemasaran Anda. Tujuan Anda harus SMART: s pecific, m easurable, sebuah ttainable, r Elevant dan t -berbasis ime. Anda juga perlu mengalokasikan anggaran untuk kegiatan pemasaran Anda. Anggaran pemasaran Anda perlu menyertakan elemen-elemen seperti:

– pengembangan dan pemeliharaan situs web
– strategi optimasi mesin pencari
– desain merek
– pencetakan materi promosi (kartu nama, brosur, papan nama, dll)
– iklan
– donasi dan sponsorship
– mempekerjakan staf untuk melakukan kegiatan pemasaran.

7. Manjakan Pelanggan Setia Anda

Pelanggan Anda adalah kunci kesuksesan Anda sehingga penting untuk menjaga mereka dan mendorong loyalitas. Menyediakan layanan pelanggan yang luar biasa dapat membuat orang datang kembali dan membedakan Anda dari pesaing Anda. Strategi untuk membangun loyalitas pada pelanggan antara lain:

– berkomunikasi secara teratur dengan pelanggan melalui media sosial, blog, atau e-news
– menyediakan tindak lanjut purna jual
– menepati janjimu
– melakukan ‘extra mile’ dan memberikan manfaat yang melebihi harapan awal
– menggunakan umpan balik dan keluhan sebagai peluang untuk meningkatkan layanan
– mendengarkan pelanggan
– melatih staf dalam layanan pelanggan dan proses penjualan dasar.

Baca juga : Ide Bisnis Yang Layak Untuk Go Internasional ada Tahun 2021

8. Pantau dan Tinjau

Penting untuk secara teratur memantau dan meninjau aktivitas pemasaran Anda untuk menentukan apakah mereka mencapai hasil yang diinginkan, seperti peningkatan penjualan. Awalnya Anda harus meninjau rencana pemasaran Anda setiap tiga bulan untuk memastikan aktivitas Anda mendukung strategi Anda. Setelah bisnis Anda menjadi lebih mapan, tinjau rencana Anda saat Anda memperkenalkan produk atau layanan baru, jika pesaing baru memasuki pasar, atau jika muncul masalah yang memengaruhi industri Anda.

Aktivitas pemantauan dapat mencakup meninjau angka penjualan Anda secara teratur (bulanan) atau memantau aktivitas pelanggan selama kampanye iklan. Anda juga dapat mengakses dan meninjau alat analitik gratis untuk menentukan efektivitas kampanye media sosial atau situs web Anda.